KUNJUNGAN

MAHASISWA PL SEMESTER 6 BERKUNJUNG KE PLTSa BENOWO, GRESIK.

IMG_5312      IMG_5313

IMG_5314

Pada hari Sabtu, 18 Maret 2017, mahasiswa PL semester 6 mengunjungi PLTSa (Pembangkit Listrik Tenaga Sampah) yang terletak di Benowo, Gresik. Sebanyak 26 mahasiswa dan didampingi oleh Bapak Denny Dermawan, ST. MT. selaku kepala prodi D4 Teknik Pengolahan Limbah disambut oleh staff perijinan dari HRD PT. Sumber Organik.

Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memperkenalkan kepada mahasiswa bagaimanakah proses pembentukan energi pada PLTSa Benowo. PLTsa ini awalnya merupakan sebuah TPA, namun pada tahun 2012 Bu Risma menyerahkannya pada pihak swasta PT. Sumber Organik kemudian mengubah nama TPA menjadi Waster to Energy yang berarti Limbah menjadi energy dan menjalani kontrak kerja selama 20 tahun sampai tahun 2032.

PLTSa benowo memiliki Luas Tanah 37,4 Hektar, skitar 22-23 Hektar merupakkan area landfill dan sisanya adalah fasilitaws umum. Timbunan sampah perhari pada PLTSa ini sebanyak 1500-1600 ton/hari, yang berasal dari pemkot dan pihak swasta. Adapun jumlah pemulung dan pengepul dari PLTSa ini sebanyak masing – masing ±500 pemulung dan 22-24 pengepul dengan penghasilan perhari mencapai Rp 500.0000,-/hari.

Adapun cara mengkonversi sampah menjadi energy adalah dengan cara Landfill to gas dan gasifikasi. Untuk gasifikasi sendiri masih tahap pembangunan sehingga kita tidak bisa melihat langsung cara kerjanya, namun diperkirakan untuk gasifikasi bisa mencapai kapasitas hingga 8 MW. Untuk proses Landfill to gas yaitu dengan menyalurkan gas metan ke dalam generator, sebagai pengganti bahan bakar solar dan telah bekerja sama dengan PT. PLN Tbk.

Penutup kunjungan ini adalah kita diajak ke lokasi landfill. Baunya cukup menyenggat mengingat disini merupakan tumpukan sampah. Sampah – sampah tersebut dibuat terasiring denngan ketinggian 20-25m. Akibat dari hujan lebat akhir2 ini menngakibatkan air lindi dari PLTSa menjadi terceceran kemana – mana dan kami menjadi kehilangan kesempatan untuk melihat IPAL dari air lindi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram