ARTIKEL

HUBUNGAN LINGKUNGAN DENGAN KEMAJUAN PEMBANGUNAN

Di era serba modern dan semakin berkembanganya pembangunan berbasis teknologi ini menjadikan persoalan baru bagi suatu daerah, apalagi daerah tersebut masih dalam masa berkembang. Semakin berkembang dan bertambahnya pembangunan di suatu tempat maka akan berpengaruh juga pada peningkatan penggunaan sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Pemanfaatan sumber daya ini bertujuan untuk menyokong berjalannya pembangunan dan akan menambah persoalan baru bagi tempat tersebut, salah satunya masalah lingkungan.

Dalam proses pembangunan, sumber daya alam berperan sangat penting dalam kehidupan dan seharusnya pemanfaatan sumber daya alam berjalan dengan seimbang dengan pembangunan. Namun pada kenyataannya tidak demikian, sering kali dijumpai pengekplorasia sumber daya alam yang berlebihan sehinnga ekosistem atau lingkungan sekitar pembangunan mengalami kerusakan. Baik kerusakan secara ringan yang dapat dilakukan perbaikan kembali ataupun kerusakan yang berat sehingga lingkungan sulit untuk direboisasi. Jika hal ini terus berlanjut maka akan membahayakan kehidupan dikemudian hari.

Berkembangnya pembangunan di era ini sebenarnya memiliki sisi baik, selain untuk memperbaiki fasilitas yang telah ada, meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar pembangunan. Pembangunan juga sebagai tanda bahwa suatu daerah mengalami kemajuan. Pembangunan yang berbasis teknologi dan sedang dikembangkan sekarang bias menjadikan masyarakat untuk lebih modern. Namun dibalik itu tetap ada sisi buruk. Seperti akibat teknologi yang terus berkembang yang bertujuan untuk memudahkan pekerjaan tetapi hal tersebut akan membuat manusia malas untuk melakukan pekerjaan berat dan lebih condong untuk bergantung pada kemudahan teknologi. Begitu juga dengan pembangunan yang digencar-gencarkan sekarang. Dampaknya adalah kerusakan lingkungan yang ada disekitar. Tidak dapat dihindari lagi bahwa jika suatu tempat yang sedang mengalami pembangunan pasti akan mengalami kerusakan lingkungan.

Sebagai contohnya adalah pembangunan industri di suatu daerah akan menyebabkan beberapa permasalahan, contohnya seperti industri yang ingin berdiri diarea persawahan dan membutuhkan lahan tersebut, sehingga mereka membeli dan menutup area persawahan tersebut agar dapat dibangun. Selain itu, pembangunan juga berdampak pada fasilitas jalan raya disekitar proyek yang awalnya bagus dan tidak berlubang menjadi berlubang serta memiliki perbedaan ketinggian yang dapat merugikan pengguna jalan. Selanjutnya dampak yang lain yaitu berkurangnya area persawahan. Jika industri tersebut sudah jadi dan beroprasi maka akan menimbulkan persoalan baru seperti limbah buangan dari industry tersebut, meskipun saat pembukaan industry menyedot banyak tenaga kerja dari masyarakat sekitar.

Kerugian-kerugian dan perubahan-perbahan terhadap lingkungan yang dihasilkan dari pembangunan tersebut alangkah baiknya perlu diperhitungkan, dengan keuntungan yang diperkirakan akan diperoleh dari suatu proyek pembangunan. Biaya-biaya yang harus dikerluarkan guna menjaga kelestarian lingkungan perlu diperhitungkan, sedapat mungkin tidak memberatkan kepentingan umum masyarakat sebagai konsumen hasil dari hasil pembangunan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Visit Us On TwitterVisit Us On FacebookVisit Us On YoutubeVisit Us On Instagram