PELATIHAN

Pelatihan Penggunaan Alat Waterbath dan Mikroskop

Surabaya – Kamis, 8 mei 2018 telah dilaksanakan pelatihan Penggunaan Alat Waterbath dan Mikroskop yang diikuti oleh seluruh dosen dari prodi pengolahan limbah,yang mana kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan penggunaan peralatan yang akan digunakan pada perkuliahan praktikum mikrobiologi disemester berikutnya.

Waterbath yaitu  alat yang biasa ditemukan dilaboratorium yang terbuat dari wadah yang diisi dengan air panas,dimana air panas tersebut digunakan untuk menetaskan sampel dalam air. Semua waterbath laboratorium dilengkapi dengan interface. Interface yang digunakan pada laboratorium mikrobiologi pengolahan limbah sendiri yaitu interface digital. Yang mana interface sendiri berfungsi untuk mengatur suhu yang diinginkan oleh pengguna. Alat ini berfungsi untuk pemanas reafgen, pencairan substrat atau inkubasi kultur sel, dan mengaktifkan reaksi kimia tertentu yang dapat bereaksi pada suhu tinggi.

Mikroskop sendiri merupakan alat optik yang terdiri dari satu atau lebih lensa yang memproduksi gambar yang diperbesar dari sebuah benda, ditaruh di bidang fokal dari lensa tersebut. Dengan fungsi untuk melihat dan mengamati benda-benda yang berukuran sangat kecil (mikroskopis) yang tidak mampu dilihat secara kasat mata. Yang mana jenis mikroskop dibagi menjadi dua, yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron.Untuk saat ini mikroskop yang digunakan di laboratorium mikrobiologi pengolahan limbah adalahn mikroskop cahaya,yaitu mikroskop yang memanfaatkan cahaya sebagai sumber energi agar dapat memperbesar bayangan objek dan menggunakan lensa untuk memusatkan cahaya pada objek yang akan diamati. Biasanya mikroskop ini memiliki tiga lensa objektif dengan masing-masing pembesaran lemah (4 atau 10 kali), sedang (40 kali), kuat (100kali), dan lensa okuler pembesaran 10 kali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *