KUNJUNGAN

Kunjungan Industri di TPA Benowo Surabaya

Surabaya, 4 Maret 2020. Mahasiswa Program studi teknik pengolahan limbah Politeknik Perkapalan Negeri  Surabaya melakukan kunjungan industri ke TPA Benowo Surabaya. Kunjungan industri ini dilakukan oleh mahasiswa semester 6 program studi teknik pengolahan limbah. Dengan didampingi oleh Vivin Setiani, ST., MEng., MT. dan Ayu Nindyapuspa, ST., MT. Selaku dosen program studi teknik pengolahan limbah PPNS.

Profil TPA Benowo

TPA Benowo merupakan TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang dapat mengolah sampah menjadi energi listrik. TPA Benowo berlokasi di kelurahan Romokalisari Surabaya yang berbatasan dengan kabupaten Gresik. Selain dapat mengolah sampah menjadi energi listrik dan sebagai tempat dumping TPA Benowo juga mengelolah sampah menjadi pupuk. Perlu diketahui bahwa TPA Benowo dikelola oleh pihak swasta yakni PT Sumber Organik yang bekerja sama degan pemkot Surabaya. Kerjasamanya melalui kontrak BOT (Build Operate Transfer) selama 20 tahun. TPA Benowo memiliki luas lahan 37,4 Hektare dan sebanyak 1300 hingga 1500 ton sampah diolah setiap harinya di sini.

Kunjungan Ke TPA Benowo

Selama berkunjung mahasiswa diajak berkeliling TPA Benowo, melihat beberapa fasilitas pengolahan sampah yang ada di sana. Serta melihat secara langsung berbagai pengolahan sampah. Seperti  fasilitas landfillnya. Di TPA Benowo untuk Landfillnya adalah sanitary landfill. Dengan ditutup membran berbahan HDPE setiap harinya yang dapat bertahan 3 hingga 4 bulan. Setiap ada sampah yang datang, sampah tersebut langsung disemprotkan  dengan EM6 dengan tujuan untuk mempercepat proses dekomposisinya.

Kemudian di TPA Benowo ini terdapat fasilitas pengolahan air lindi. Perlu diketahui bahwa air lindi di TPA Benowo kadar COD dan BOD bisa mencapai 11.000. Tapi mereka dapat mengolah air lindi tersebut hingga dibawah baku mutu. Melalui beberpa tahap yakni Oxidator Reactor 1 ( Penambahan Peroksida). Kemudian Oxidator Reactor 2 ( Sinar UV). Lalu melewati Holding Tank kemudian dilanjutkan filtrasi.

Selain melihat proses pengolahan air lindi dan landfill di TPA benowo. Mahasiswa juga di ajak langsung melihat proses pengolahan sampah menjadi kompos di rumah kompos TPA Benowo. Kemudian mahasiswa diajak melihat secara langsung proses pengolahan sampah menjadi energi listrik.

Diharapkan dengan melakukan kunjungan industri di TPA Benowo, diharapkan mahasiswa dapat memahami serta merelevalkan pengolahan sampah secara teori dengan pengolahan sampah secara praktiknya. sehingga mahasiswa tidak hanya belajar secara teori namun dapat melihat langsung realitasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *