PELATIHAN

Pelatihan Proper 2021

Surabaya,20 Maret 2021. Himpunan Mahasiswa Teknik Pengolahan Limbah(Himatekpl) mengadakan pelatihan proper. Acara ini merupakan program kerja tahunan dari departemen PSDM Himatekpl. Yaitu pelatihan keprofesian, Jika pada sebelumnya himatekpl mengadakan pelatihan LCA maka pada tahun ini himatekpl mengadakan pelatihan proper. Acara pelatihan ini terbuka untuk umum.

Apa itu PROPER ?

Proper atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan, adalah sebuah program yang dicanangkan oleh kementrian lingkungan hidup unutk meningkatkan pengelolaan lingkungan serta kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Dalam program ini setiap perusahaan diharuskan membuat dokumen proper yang berisi mengenai aspek aspek penilaian pengeolaan lingkungan serta energi pada perusahaan tersebut. Penyusunan dokumen proper tentu memerlukan keahlian khusus dan wawasan lingkungan yang luas.

Pelatihan Keprofesian Proper 2021

Rizal Hardiansyah Ketika Memaparkan Materi Pada Pelatihan Proper

Pelatihan ini berlangsung selama 2 hari, yaitu pada tanggal 20 maret 2021 hingga 21 maret 2021. Acara ini dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom. Trainer pada pelatihan proper ini adalah Rizal Hardiansyah ,S.Tr.T dan Adinda Noor K., S.Tr.T. Kedua trainer ini berasal dari PET (Properindo  Enviro  Tech), Selain itu berpengalaman dalam tim pendampingan proper di beberapa perusahaan. Sebagai informasi tambahan kedua trainer ini juga merupakan alumni dari Teknik Pengolahan Limbah PPNS. Baik kak rizal maupun kak adinda merupakan lulusan Teknik Pengolahan Limbah PPNS 2015. Ini menunjukkan bahwa kualitas dari Alumni Teknik Pengolahan Limbah bukan kaleng kaleng.

Pada hari pertama pelatihan proper membahas mengenai ketentuan teknis proper seperti format dokumen mulai dari jenis font yang digunakan hingga margin yang digunakan, Selain itu pada hari pertama juga membahas mengenai beberapa isi dari dokumen proper dan sekilas mengenai LCA.

Praktik Penilaian Proper

Hari kedua pelatihan proper lebih berfokus pada tatacara penilaian di dokumen proper, selain itu pada hari kedua ini peserta diajak langsung untuk mencoba melakukan penilaian proper berdasarkan studi kasus yang diberikan.

Dibandingkan dengan pelatihan keprofesian tahun sebelumnya, pelatihan tahun ini dilaksanakan secara daring dikarenakan masih dalam pandemi covid-19, Selain itu pada tahun ini pelatihan keprofesian ini dimasukkan kedalam serangkaian acara dari WTW (Waste Treatment  Week).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *