SIKAP

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religious.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan berma syarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik
  9. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan

KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas dan menganalisis data dengan beragam metode yang sesuai, baik yang belum maupun yang sudah baku.
  2. Mampu menunjukkan kinerja bermutu dan terukur.
  3. Mampu memecahkan masalah pekerjaan dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya, didasarkan pada pemikiran logis, inovatif, dan bertanggung jawab atas hasilnya secara mandiri.
  4. Mampu menyusun laporan hasil dan proses kerja secara akurat dan sahih, serta mengomunikasikan nya secara efektif kepada pihak lain yang membutuhkan.
  5. Mampu bekerja sama, berkomunikasi, dan berinovatif dalam pekerjaannya.
  6. Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervise dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya.
  7. Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggungjawabnya , dan mengelola pengembangan kompetensi kerja secara mandiri.
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

KETRAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu merancang dan mendemonstrasikan penelitian di bidang teknologi rekayasa pengolahan limbah cair, padat, sludge, dan gas/partikulat sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah.
  2. Mampu mengambil keputusan strategis dari beberapa alternatif pengolahan limbah cair, padat, sludge, dan gas/partikulat  berdasarkan aspek kelayakan teknik, ekonomi, dan K3.
  3. Mampu merancang, menyusun, dan mengendalikan suatu sistem rekayasa pengolahan limbah cair, padat, sludge, dan gas/partikulat berdasarkan kriteria desain.
  4. Mampu bertanggungjawab kepada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja di bidang rekayasa pengolahan limbah cair, padat, sludge, dan gas/partikulat.

PENGETAHUAN

  1. Mampu mendeskripsikan dan menganalisis masalah yang ditimbulkan oleh pembuangan limbah cair, padat, sludge, dan gas/partikulat ke media air sungai, laut, tanah, dan udara, serta mengambil keputusan yang tepat untuk memilih penyelesaian masalah yang dihadapi melalui pemanfaatan pengetahuan dan teknologi yang telah dikuasai.
  2. Mampu menganalisis secara ilmiah data karakteristik limbah untuk menentukan beberapa alternatif pengolahan limbah cair, padat, sludge, dan gas/partikulat.
  3. Mampu menganalisis efisiensi dan efektivitas sebagian atau seluruh rangkaian proses berbasis teknologi yang diterapkan di bidang pengolahan limbah.
  4. Mampu menjelaskan konsep manajemen dalam bekerja di bidang rekayasa pengolahan limbah cair, padat, sludge, dan gas/partikulat.
  5. Mampu menjelaskan metodologi penelitian di bidang teknologi rekayasa pengolahan limbah cair, padat, sludge, dan gas/partikulat sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah.