• himatekpl@gmail.com

VISI DAN MISI

Penyelenggaraan Program Studi Diploma IV (D-IV) Teknik Pengelolaan Limbah PPNS memiliki visi yaitu menjadikan Program Studi Diploma IV (D-IV) Teknik Pengelolaan Limbah PPNS sebagai institusi pendidikan vokasional yang memiliki keunggulan bertaraf nasional dalam desain, rekayasa, pengelolaan proyek, dan operasionalisasi teknologi pengolahan limbah cair, padat, sludge, dan gas/partikulat untuk melindungi aspek keselamatan dan kesehatan kerja, lingkungan kerja, dan lingkungan hidup dari pencemaran limbah yang dihasilkan dari aktifitas kerja di industri dan masyarakat secara umum, serta pembentukan SDM yang berkualitas, beretika, bermoral, dan berbudaya profesional. Visi tersebut diterjemahkan dalam misi-misi sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan SDM yang berkualitas pada aspek teknis dan manajerial di bidang Teknik Pengolahan Limbah yang diperlukan industri dengan cara menyelenggarakan pendidikan profesional bekerja sama dengan industri sekitarnya sebagai teaching industry.
  2. Menyelenggarakan pendidikan sistem link & match yang dapat memberikan pembekalan praktis dan manajerial dari sisi penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi.
  3. Menerapkan dan mengembangkan ilmu dan teknologi di bidang Teknik Pengolahan Limbah yang dapat dinikmati oleh masyarakat Industri dan masyarakat pada umumnya.
  4. Membina dan mengembangkan nilai, etika, moral, dan budaya profesional di lingkungan pendidikan.

Tujuan dibukanya Program Studi Diploma IV (D-IV) Teknik Pengolahan Limbah  PPNS adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan tenaga-tenaga ahli profesional yang bersertifikasi di bidang pengolahan limbah yang diakui baik secara nasional maupun internasional melalui sistem pendidikan profesional yang berkualitas dan terintegrasi.
  2. Menumbuh kembangkan waste awareness di masyarakat.
  3. Menciptakan sistem pendidikan vokasional yang kuat dan berkelanjutan dengan menciptakan jejaring (network) dengan institusi penunjang atau stakeholder, nasional maupun internasional.
  4. Meningkatkan peran serta kampus secara profesional di dalam kehidupan maritim dan industri

 

Untuk menjamin tercapainya tujuan Program Studi, maka ditetapkan beberapa sasaran yaitu:

  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dengan menggunakan kurikulum berdasar kompetensi, yang mengacu pada upaya pemenuhan kebutuhan industri atau stakeholder.
  2. Meningkatkan kualitas pengajar melalui berbagai macam kegiatan pengembangan (staff development), baik studi lanjut ataupun pelatihan keahlian.
  3. Meningkatkan kualitas proses pembelajaran melalui upaya meningkatkan sarana dan prasarana pembelajaran, dengan tetap mengacu pada koridor efisiensi dan produktifitas.
  4. Menciptakan suasana akademis yang kondusif di dalam lingkungan civitas akademika (academic atmosphere).
  5. Mengarahkan kegiatan penelitian yang bersifat aplikatif (applied research), sehingga manfaat dari hasil penelitian tersebut dapat langsung diterapkan pada masayarakat.
  6. Menciptakan sistem manajemen organisasi (internal management & organization) yang baik rapi dengan berbagai sarana penunjangnya. Disini termasuk penyusunan berbagai SOP (Standar Operasional Prosedur), baik untuk kegiatan pembelajaran ataupun kegiatan administratif lainnya.
  7. Meningkatkan peran serta program studi dalam peningkatan waste awareness di lingkungan masyarakat dan industri melalui kegiatan pengabdian pada masyarakat.
  8. Menjamin keberlangsungan kegiatan program studi (sustainability) dalam upaya untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

 

Keberadaan Program Studi Diploma IV (D-IV) Teknik Pengelolaan Limbah PPNS diharapkan baik secara langsung maupun tidak langsung, dapat memperkuat suasana akademik bagi pendidikan vokasional di Kampus PPNS yang dalam jangka panjang diharapkan dapat meningkatkan upaya pencapaian misi pendidikan tinggi. Secara umum penyelenggaraan Program Studi Diploma IV (D-IV) Teknik Pengelolaan Limbah PPNS ini diharapkan dapat:

  1. Membantu pemerintah dalam menyiapkan sumber daya manusia yang berkualitas untuk mengatasi problem yang timbul akibat tidak diolahnya limbah yang dihasilkan oleh aktifitas industri dan masyarakat secara umum.
  2. Menghasilkan lulusan yang mampu menerapkan kompetensi di bidang desain, rekayasa, pengelolaan proyek, dan operasionalisasi teknologi pengolahan limbah cair, padat, sludge, dan gas/partikulat dengan inovatif dan berkarakter technopreneurship yang kuat/unggul.
  3. Membantu pemerintah dalam pertumbuhan ekonomi melalui pembangunan beraspek keselamatan dan kesehatan kerja lingkungan hidup (K3LH).

 

Keberhasilan Program Studi Diploma IV (D-IV) Teknik Pengelolaan Limbah PPNS akan ditentukan oleh pengalaman dan potensi PPNS dalam mengelola program studinya. Beberapa hal yang menjadi modal bagi PPNS dalam mengelola Program Studi Diploma IV (D-IV) Teknik Pengelolaan Limbah PPNS adalah sebagai berikut:

  • PPNS telah berhasil mengelola program studi-program studi baru yang belum pernah ada sebelumnya sejak tahun 2003 antara lain Program Studi Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja (TK3), Program Studi Teknik Perpipaan (TP), dan Program Studi Teknik Desain Manufaktur (DM), Program Studi Teknik Pengelasan (TL), dan Program Studi Teknik Otomasi (TO).
  • Modal Dasar pengetahuan tentang keselamatan dan kesehatan kerja lingkungan hidup (K3LH), pengelolaan limbah, dan keselamatan dan kesehatan kerja di industri (Hygiene Industri) sudah kuat dalam lingkungan PPNS tersebar dalam berbagai jurusan dan rumpun ilmu pengetahuan
  • Program Studi Diploma IV (D-IV) Teknik Pengelolaan Limbah PPNS di inisiasi dan didukung oleh dosen-dosen yang sebelumnya memiliki pengalaman kerja di bidang perencanaan (konsultan), konstruksi, mekanikal & elektrikal, manajemen proyek, industri, dan proses kimiawi industri.

 

 

Leave your message